Dasar - Dasar Sistem Komputer Lengkap


Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang dasar - dasar mengenai sistem komputer. Tentang pengantar komputer, jenis komputer, konsep dasar komputer, pengenalan sitem komputer, dasar bit, pengenalan satuan data.

Pengantar Komputer

Komputer merupakan alat elektronik yang mudah dijumpai bahkan bisa berbentuk apa saja. Komputer tidak hanya berbentuk PC dan Laptop, bisa juga melekat dalam perangkat lain. Komputer berasal dari kata "Compute" artinya "Menghitung". Awalnya komputer digunakan hanya untuk mesin berhitung yang cepat. ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer) merupakan komputer pertama diciptakan di Universita Pennylvania pada tahun 1946.

Pada zaman sekarang komputer adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk melakukan berbagai operasi aritmatika dan logika secara otomatis berdasarkan masukan ( input ).

Jenis Komputer

Komputer dapat di bedakan menjadi dua : komputer umum dan komputer khusus. Komputer umum seperti PC atau Laptop.
Secara prinsip, komputer umum dapat digunakan apa saja. Dengan menambahkan program yang sesuai, komputer ini bisa beradaptasi dengan kebutuhan yang diperlukan. Contoh, menambahkan microsoft word kita dapat memanfaatkan komputer untuk membuat dokumen. Komputer dapat ditinjau dari kecepatan pemrosesan, kapasitas penyimpanan dan lain" .

Komputer khusus dinamakan juga sebagai  sistem melekat. Dinamakan sistem melekat karena unsur komputernya berada pada perangkat lain. Pada komputer khusus sudah di program agar hanya menjalankan tugas yang spesifik. Sebagai contoh. komputer di letakkan pada suatu sistem pemantau lalu lintas sehingga memungkinkan jika ada yang melanggar lampu lalu lintas akan di foto dan plat kendaraan dapat di catat.

Konsep Dasar Komputer

Komputer secara umum menangani tiga hal yaitu, masukan ( input ), proses, dan keluaran ( output ). Masukan adalah segala data yang diperlukan oleh komputer untuk memproses. Data bisa berupa bilangan dan deretan karakter yang dimasukkan dari keyboard.

Proses adalah bagian yang mengolah data menjadi keluaran. Proses ini ditangani oleh program atau yang dinamakan perangkat lunak.

Keluaran menyatakan hasil akhir pemprosesan oleh komputer. Keluaran ini diwujudkan dalam bentuk tampilan di layar monitor.

Secara fungsional komputer sebenarnya melaksanakan lima aktiffitas : 
1 ) Menerima masukan berupa data atau ataupun intruksi,
2 ) Menyimpan data dan intruksi,
3 ) Memproses data berdasarkan intruksi,
4) Mengontrol semua operasi di dalam komputer,
5 ) Memberikan hasil dalam bentuk keluaran.

nomor dua sampai empat adalah bagian dari proses.

Pengenalan Sistem Komputer

Sistem komputer menyatakan satu kesatuan sistem yang berhubungan dengan komputer yang dirancang untuk menghassilkan informassi yang bermanfaat. Sistem komputer melibatkan tiga komponen berupa, perangkat lunak ( Software ), perangkat keras ( Hardware ), dan perangkat akal ( Brainware ). Perangkat keras berhubungan dengan semua perangkat komputer yang terlihat secara fisik.

Perangkat lunak menyatakan program atau aplikasi. Program adalah kumpulan intruksi yang di tulis oleh orang yang ditunjukan untuk komputer agar komputer melakukan tugas sesuai dengan intruksi yang diberikan. Perangkat lunak dibagi menjadi dua jenis, perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang ditunjukan pada pengelolaan perangkat keras. Sistem operasi seperti windows dan linux tergolong sebagai perangkat lunak sistem. Perangkat lunak aplikasi biasa disebut aplikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu perkerjaan pemakai seperti microsoft word.

Perangkat akal berhubungan dengan orang - orang yang menggunakan atau menjadi bagian dalam suatu sistem berbasis komputer.

Dasar Bit 

Sistem biner telah menjadi dasar kerja sistem komputer. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya menggunakan dua angka berupa 0 dan 1. Bisa di ibaratkan seperti pada saklar lampu 1 menyatakan "hidup" dan 0 menyatakan "mati". Pada komputer atu angka 0 atau 1 disebut dengan satu bit ( Binary Digit).

Pada dasarnya, semua bilangan bisa dibentuk dari kombinasi 1 dan 0, karna komputer hanya mengerti 1 dan 0 atau disebut juga biner. Jadi saat kita mengetik pada keyboard sebenarnya komputer mengubah dari apa yang kita ketik menjadi bilangan biner baru komputer bisa membaca apa yang kita intruksikan.

Pengenalan Satuan Data

Bit merupakan sastuan data terkecil dalam sistem komputer. satuan yang lebih besar dari bit berupa byte, megabyte, gigabyte, terabyte, dan petabyte. 

Byte

Byte merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan satu karakter.

Kilobyte

Satu kilobyte menyatakan satuan data 1024 byte. Satuan ini sering disingkat menjadi KB.

Megabyte

satu megabyte sama dengan 1024 kilobyte atau sama dengan 1.048.576 byte. Satuan ini biasanya digunakan untuk menyatakan kapasitas pada RAM. Satuan ini biasa disingkat menjadi MB.

Gigabyte

Satu gigabyte sama dengan 1024 megabyte atau sama dengan 1.073.741.824 byte. Satuan ini biasnyaa digunakan untuk menyatakan kapasitas pada Hardisk. Satuan ini biasa disingkat menjadi GB.

Terabyte

Satu terabyte sama dengan 1024 gigabyte atau sama dengan 1.009.511.627.776 byte. Satuan ini biasanya digunakan untuk menyatakan kapasitas pada Hardisk dalam mainframe. Satuan ini biasa disingkat menjadi TB.

Post a Comment

0 Comments