Cara Menerapkan SEO Blog Untuk Pemula 2019

Mempelajari SEO sangatlah penting terutama untuk meningkatkan pengunjung blog atau website, dan tetap terlihat baik dimata search engine. Mendaftarkan ke search engine saja tidak cukup untuk mendongkrak website agar ranking satu, kita perlu membuat postingan yang berkualitas serta menjaga konsistensi membuat artikel. Memanfaatkan seo di media sosial, bekerja dengan google analitycs dan search console. SEO bersifat jangka panjang kita perlu bersusah payah untuk membuat suatu situs yang berkualitas, sisanya tinggal membuat artikel-artikel yang baik dan membantu pembaca terutama untuk para blogger.

Kenapa SEO penting? dengan SEO kita tidak perlu mengeluarkan banyak untuk meningkatkan pengunjung, dibanding dengan membuat iklan yang perlu uang yang tidak sedikit namun keduanya memiliki fungsi yang sama. Menerapkan SEO tidak boleh menggunakan cara seperti Spaming dan membuat artikel copy paste, keterampilan dalam membuat informasi yang bermanfaat untuk pembaca membuat situs akan mendapatkan posisi terbaik di Search Engine seperti Google.
SEO merupakan teknik yang penting untuk dipelajari, namun tidak semua pemilik blog memerlukannya. Karna ada beberapa blog personal yang tidak mengetahui pentingnya SEO. Berikut ini beberapa cara menerapkan SEO untuk situs anda.
Fokus kepada artikel, update secara rutin. Sebaiknya jika anda memiliki blog baru update artikel rutin sangat berpengaruh baik untuk blog tersebut. Selanjutnya anda bisa menggunakan sosial media untuk sarana promosi blog anda tanpa melakukan spaming dan black SEO.

Konten Artikel Bermanfaat

Google memiliki kriteria kusus untuk memilih artikel yang akan dinaikan indexnya. Tentunya konten yang tidak asal-asalan yang ditujukan untuk beberapa orang yang memang mencari informasi suatu artikel yang bermanfaat. Konten yang orsinil yang akan menempatkan posisi-posisi terbaik, menyajikan solusi untuk pembaca agar tetap betah dalam blog kita. Bisa anda bayangkan jika kita kebanjiran pengunjung, hal tersebut akan membantu sahabat dalam tujuan membuat blog seperti mencari uang melalui AdSense dan menjual suatu produk yang berguna. Buatlah konten yang memiliki jumlah kata yang banyak tapi tetap memberikan point-point penting yang dicari pembaca. Jangan membuat artikel yang menyesatkan karna akan merusak blog anda.

Judul Artikel

Cara mudah untuk membuat judul yang baik adalah menyematkan keyword pada judul artikel, dengan meriset kata kunci yang tidak asal-asalan menjadi hal penting untuk mengoptimasi sebuah blog. Misal anda membuat artikel tentang “Cara Memasak” maka anda perlu menyematkan keyword tersebut di judul. Riset kata kunci di ubersuggest atau tools riset keyword lainnya agar kata kunci lebih tertarget.

Mulai Mendaftarkan Blog ke Search Console

Google Search Console adalah layanan resmi Google yang membantu anda untuk SEO seperti menambahkan peta situs mengontrol pengayuran SEO serta jumlah klik pengunjung dari Google. Masukan situs yang ingin di index di Google setelah membuat artikel baru ke Search Console, proses index akan lebih cepat. Sebelum nama berubah dulu dikenal dengan Google Webmaster Tools atau lebih jelasnya digantikan ke versi terbaru (penuh).

Langkah – Langkah Daftar Search Console

Pertama buka Google Search Console, lalu tekan Start Now > Add Property > Continue lalu Verifikasi melalui Html Tag. Setelah mendaftar anda buat konten setiap harinya agar blog anda cepat muncul di Google, selanjutnya anda bisa mengembangkan blog anda dengan mengoptimasi off page SEO dan on page SEO.

Gunakan Template (Tema) Blog yang Responsive

Gunakan template blog yang responsive di semua device seperti hp, komputer, laptop. Pastikan tema yang anda gunakan untuk blog anda tidak berat mempunyai proses loading yang cepat, tidak memasukan widget-widget yang tidak penting. Gunakan seperlunya saja, agar pengunjung blog tetap nyaman berada di blog sobat. Ciri-Ciri template yang disukai oleh Search Engine:
  • Responsive
  • SEO Ready
  • Fast Loading
  • Tidak Ada Error Pada Template
  • Terdapat Navigasi
Hal penting lainnya yaitu memiliki halaman About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer. Halaman tersebut juga sangat penting jika anda ingin mendaftarkan blog anda ke program AdSense.

Kesimpulan

Ingat tujuan utama kita dalam membuat blog dan fungsi dari blog itu sendiri, memberikan informasi yang membantu pembaca. Bukan spaming artikel copas dan cara-cara yang tidak dianjurkan lainnya. Sebab akan berdampak buruk bagi blog kita dalam jangka panjang, jangan terlalu banyak mengirim link ke sosial media jika blog anda masih baru, aplagi sampai meengirim link kebanyak grup dalam waktu yang sama. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam membuat blog. Terimakasih telah membaca artikel ini salam dari saya Lose Tech.

You May Also Like

About the Author: Lose tech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *